DAMPAK PERUBAHAN FUNGSI KAWASAN DAN POLA ADAPTASI MASYARAKATNYA DI KOTAWARINGIN TIMUR

Moch Andri WP

Abstract


Sejak awal tahun 1980-an, investasi-investasi di bidang perkebunan kelapa sawit memang sudah mulai dikenalkan dan digalakkan oleh pemerintah. Bahkan jauh sebelum itu, yaitu sejak tahun 1970an. Namun upaya pengembangannya yang signifikan justru baru dimulai sejak berakhirnya era pengusahaan hutan. Baik itu yang dilakukan secara legal maupun ilegal. Terutama setelah adanya larangan dan penertiban aktivitas-aktivitas pengusahaan hutan. Tulisan ini sendiri bertujuan untuk mengetahui dampak peralihan fungsi kawasan dan pola-pola adaptasi masyarakat di Kotawaringin Timur. Terutama sekali pada saat hak pengusahaan hutan masih marak terjadi, hingga hadirnya perluasan-perluasan perkebunan kelapa sawit. Pendekatan dilakukan dengan dua cara, yaitu pendekatan makro dan mikro. Pendekatan makro lebih menekankan pada telaah struktur dan institusi sosial yang ada di masyarakat. Sementara pendekatan mikro lebih menekankan pada orientasi teoritis dari adaptasi, yaitu sejarah dan evolusi budaya. Secara umum, pendekatan ini bertujuan untuk memahami kondisi masa lalu ketika pengusahaan hutan masih marak terjadi, perubahan fungsi-fungsi sosial ekonomi dan budaya sebagai akibat dari pengembangan perkebunan dan pola-pola adaptasi yang dilakukan masyarakat.


Keywords


pengusahaan hutan, ekspansi perkebunan, dan pola adaptasi

Full Text:

PDF

References


Basyar, Abdul Hakim. Evaluasi Penerapan Kebijakan Konversi Hutan untuk Perkebunan Kelapa Sawit” diunduh dari https://www.bappenas.go.id/ pada tanggal 28 Mei 2017. Buletin Bank Indonesia. 2012. Kajian Ekonomi Regional Provinsi Kalimantan Tengah. Triwulan III. Burger, P.L., dan Thomas Luckman. 1990. Judul (Tafsir Sosial atas Kenyataan: risalah tentang Sosiologi Pengetahuan). Terjemahan Hasan Basri. Jakarta: LP3ES. Haviland, William A. 1993. Antropologi, Jakarta: Erlangga. Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam Jaringan, diunduh dari https://kbbi. web.id/adaptasi, pada 10 Juli 2017. Kaplan, David dan Robert A. Manners. 2002. Teori Budaya. Terjemahan Landung Simatupang, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keesing, Roger M. 1981. Antropologi Budaya: Suatu Perspektif Kontemporer. Terjemahan Samuel Gunawan. Jakarta: Erlangga. . 1997. Pengantar Antropologi; PokokPokok Etnografi. Jakarta: Rineka Cipta. Koentjaraningrat. 1995. Manusia Dan Ke bu dayaan Di Indonesia. Jakarta: Djambatan. Meilantina, Mayang. 2006. Integrasi Hak Pemanfaatan Tanah Masyarakat Dayak dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten; Studi di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Bogor; Centre for International Forestry Research diunduh dari www.cifor. org/publications/pdf_files/Books/ BMayang0601.pdf, pada tanggal 29 Januari 2017. Obidzinski, Krystof et al. 2006. Penyelundupan Kayu di Indonesia, Masalah Genting ataukah Berlebihan; Pembelajaran Pengaturan Hutan dari Kalimantan. CIFOR, Center fo Internatonal Forestry Research, Jakarta; Harapan Prima. Soekanto, Soerjono, 1993. Kamus Sosiologi. Jakarta; Raja Grafindo Persada. Soekanto, Soerjono, 2000. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Subiyantoro, Muh. Edi, et al. (ed.). dst 2015. Statistik Perkebunan Indonesia, Kelapa Sawit, 2014 – 2016. Direktorat Jenderal Perkebunan diunduh dari http://ditjenbun.pertanian.go.id/ tinymcpuk/gambar/file/statistik/ pada tanggal 18 Agutus 2017. Tim Penyusun. 2003. Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 8 Tahun 2003 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi kalimantan Tengah. Palangkaraya: Dokumen Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah. Tim Penyusun. 2012. Kalimantan Tengah dalam Angka. Palangkaraya: Badan Pusat Statistik Kalimantan Tengah. Wawancara. HSN (mantan pekerja rintisan kebun. Kotawaringin Timur, 7 Juli 2013 Wawancara. HN (anggota Kepolisian Daerah). Kotawaringin Timur, 8 Juli 2013. Wawancara. BS (demang). Kotawaringin Timur, 7 Juli 2013.




DOI: https://doi.org/10.33652/handep.v1i1.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Handep: Jurnal Sejarah dan Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL HANDEP INDEXED BY :

                                                          

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.